Sabtu, 25 Juli 2015

10 Penemuan Teknologi Yang Mengubah Dunia Abad 20

Seperti dipetik dari inilah.com, Saat ini kita hanya perlu bersyukur karena kenyamanan, kenikmatan, karena evolusi teknologi mengalami lebih banyak kemajuan dunia karena adanya sejumlah penemuan oleh ilmuwan terdahulu. Kata 'penemuan' berarti perbaikan untuk saat ini pada produk atau mesin dengan menambahkan fungsi melalui keterampilan yang dimiliki seseorang
Saat ini kita hanya perlu bersyukur karena kenyamanan, kenikmatan, karena evolusi teknologi mengalami lebih banyak kemajuan dunia karena adanya sejumlah penemuan oleh ilmuwan terdahulu.

Kata 'penemuan' berarti perbaikan untuk saat ini pada produk atau mesin dengan menambahkan fungsi melalui keterampilan yang dimiliki seseorang. Meski demikian, semua yang telah mereka ciptakan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengubah dunia, bukan hanya sementara, tapi selamanya. Berikut adalah 10 penemuan yang mengubah dunia, yang memberi dampak selamanya dari satu ke generasi ke generasi berikutnya.

1. Roda
Roda
Tak bisa dibayangkan jika tak diketemukan roda. Benda bundar pipih ini ditemukan di alat apa saja sejak zaman dulu hingga sekarang. Konon ditemukan pertama kali di dekat Lujbljana, Slovenia pada 3.100 SM.

2. Lampu Pijar
Lampu Pijar
Ketika Anda hanya memiliki cahaya alami, produktivitas menjadi terbatas hanya untuk siang hari. Bola lampu mengubah dunia dengan memungkinkan kita untuk aktif di malam hari.
Menurut sejarah, dua lusin orang berperan dalam menciptakan lampu pijar sepanjang tahun 1800an. Lalu, Thomas Alpha Edison dikreditkan sebagai penemu utama karena ia menciptakan sistem pencahayaan yang sepenuhnya fungsional, termasuk generator dan kabel serta bola lampu filamen karbon, pada tahun 1879. Ketika listrik mulai diperkenalkan di seluruh dunia Barat, penemuan ini juga memiliki konsekuensi agak tak terduga dari perubahan pola tidur orang.

3. Mesin Cetak
Mesin Cetak - Dreamcode Studio
Memang era sekarang lebih gemar ke ranah digital. Namun keberadaan mesin cetak telah mengubah dunia secara global. China mengenalnya pada abad ke-11. Marco Polo membawa ide ini ke Eropa pada 1295. Percetakan memungkinkan banyak sekali informasi yang terekam dan disebarkan ke seluruh dunia.
Kemudian seorang berkebangsaan Jerman bernama Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak sekitar tahun 1440. Mesin cetak buatannya ini meningkatkan banyaknya buku bisa dibuat, dan dengan demikian menyebabkan penyebaran cepat dan luas pengetahuan untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dua puluh juta buku telah dicetak di Eropa Barat pada 1500.

4. Telepon
Penemuan Telepon - Dreamcode Studio
Meskipun beberapa penemu melakukan karya pionir pada transmisi suara elektronik (banyak di antaranya kemudian mengajukan tuntutan hukum kekayaan intelektual ketika penggunaan telepon menjadi marak), Alexander Graham Bell adalah yang pertama diberikan hak paten untuk telepon listrik pada 1876.
Penemuan ini dengan cepat merevolusi bisnis dan komunikasi global dan komunikasi. Penemuan ini juga yang menjadi cikal bakal ponsel dan smartphone yang kini kita gunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari.

5. Penisilin
penemuan penisilin - Dreamcode Studio
Ini adalah salah satu kisah penemuan paling terkenal dalam sejarah. Pada 1928, ilmuwan Skotlandia bernama Alexander Fleming memperhatikan bahwa bakteri akan mengisi penuh cawan petri di laboratorium ketika tutupnya sengaja dibuka.
Sampel tersebut kemudian terkontaminasi dengan jamur. Saat jamur tersebut ada, bakteri akan mati. Jamur antibiotik tersebut adalah jamur Penicillium. Selama dua dekade berikutnya, ahli kimia memurnikan dan mengembangkan penisilin, yang dapat melawan sejumlah besar penyakit infeksi bakteri pada manusia tanpa merugikan manusia sendiri.

6. Kartu Kredit
penemuan kartu kredit - Dreamcode Studio
Tidak membawa uang tunai? Tidak masalah, kini ada kartu kredit. Penemuan kartu kredit adalah penemuan yang mengubah dunia yang muncul disekitar tahun 1970-an. Dan serta merta mengubah gaya hidup lebih dari 90% masyarakat di negara maju. Tahun 1977, Bank Amerika secara resmi memberi lisensi kartu kredit kepada Visa. Sejak 1995 hingga kini transaksi perbankan di AS bahkan di beberapa belahan dunia dilakukan secara elektronik.

7. Televisi
penemuan televisi - Dreamcode Studio
Televisi merupakan penemuan teknologi yang mengubah dunia, benda kotak dengan gambar bergerak di dalamnya pertama kali diciptakan pada 1926 yang didemontrasikan oleh John Logie Baird.
Kini televisi dapat ditemukan di setiap rumah sebagai sarana hiburan, pengetahuan dan berita dari seluruh penjuru dunia. Televisi memainkan peran penting dalam sosialisasi abad ke-20. Tahun 1936 untuk pertama kalinya Olimpiade Berlin disiarkan di televisi. Kini perkembangan televisi dan industri broadcasting menunjukkan kemajuan sangat pesat.

8. Barcode
penemuan Barcode - Dreamcode Studio
Barcode adalah penemuan teknologi yang mengubah dunia, yang diciptakan lebih dari 60 tahun lalu dan dipatenkan pada tahun 1952 oleh Joseph Woodland dan Bernard Silver.
Penemuan barcode terutama UPC (Universal Price Codes) mulai digunakan secara komersial untuk berbagai produk yang dijual hampir di seluruh pusat penjualan. Kini dengan hanya mendekatkan barcode ke scanner laser, maka informasi produk seperti harga dapat terbaca dengan cepat, tepat dan terkomputerisasi. Penemuan ini jelas sangat menguntungkan dan memberi manfaat banyak karena dapat meningkatkan efisiensi.

9. Komputer
penemuan komputer - Dreamcode Studio
Komputer ada di mana-mana, sekolah, rumah sakit, kantor, universitas, restoran, kafe, pesawat, dan lainnya. Ada perumpamaan berbunyi, “Jika ingin mudah mencari pekerjaan kelak, studilah di jurusan komputer, sebab benda ini ada di manapun Anda bernafas!”. Tak perlu diperdebatkan bagaimana hebatnya komputer mengubah dunia.

10. Internet
penemuan Internet - Dreamcode STudio
Penemuan teknologi yang paling mengubah dunia adalah internet. Tidak diragukan lagi internet mengubah dunia. Pada mulanya internet dibangun untuk kepentingan militer Departemen Pertahanan AS, dengan membuat sistem jaringan (web) komputer yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.
Internet hampir menjadi pusat kegiatan semua orang mulai dari mencari berita, informasi, social networking, jual-beli, perbankan, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan hanya dengan duduk di depan layar komputer atau laptop kita dapat menjelajah dunia.
Meski banyak manfaatnya, internet juga banyak pengaruh buruk yang ditimbulkannya sebagai efek domino. Jadi, gunakanlah internet dengan bijaksana dan cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar